SILABUS FILSAFAT ILMU MAGISTER

MATA KULIAH : FILSAFAT ILMU

DOSEN : PROF. Dr. H. Ismaun, M.PD.

KODE MATA KULIAH : MKP 601

BOBOT SKS : (2 SKS)

JENJANG STUDI : MAGISTER

A. DESKRIPSI MATA KULIAH

Dalam mata kuliah ini akan dikaji konsep dasar tentang filsafat ilmu, kedudukan, fokus, cakupan, tujuan dan fungsinya serta kaitannya dengan MKK dan MKBS. Berikutnya dibahas pula tentang karakteristik filsafat, ilmu dan pendidikan serta jalinan fungsional antara ilmu, filsafat dan agama. Selanjutnya dibahas mengenal sistematika, permasalahan, keragaman pendekatan dan paradigma (pola pikir) dalam pengkajian dan pengembangan ilmu dan dimensi ontologis, epistomologis dan aksiologis. Selanjutnya dikaji mengenai makna, implikasi dan implementasi filsafat ilmu sebagai landasan dalam rangka pengembangan keilmuan dan kependidikan dengan penggunaan alternatif metodologi penelitian, baik pendekatan kuantitatif dan kualitatif, maupun perpaduan kedua-duanya.

B. TUJUAN UMUM PERKULIAHAN

Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan peserta pendidikan memiliki kemampuan:

1. Memahami konsep dasar filsafat ilmu, kedudukan, fokus, cakupan, tujuan dan fungsinya untuk dapat dijadikan landasan pemikiran, perencanaan dan pengembangan ilmu dan pendidikan secara akademik dan profesional.

2. Mampu memahami filsafat ilmu untuk mengembangkan diri sebagai ilmuwan maupun sebagai pendidik dengan penggunaan alternatif metodologi penelitian, baik pendekatan kuantitatif dan kualitatif maupun perpaduan kedua-duanya dalam konsentrasi bidang studi yang menjadi minat utamanya.

3. Mampu menerapkan filsafat ilmu sebagai dasar pemikiran, perencanaan dan pengembangan khususnya landasan keilmuan dan landasan pendidikan yang dijiwai nilai-nilai ajaran agama dan nilai-nilai luhur budaya masyarakat Indonesia yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara serta umat manusia dalam pemahaman dan perkembangan lingkungan dinamika global.

C. GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PERKULIAHAN/POKOK BAHASAN

I. PENGERTIAN FILSAFAT

1. Arti istilah dan rumusan filsafat

2. Obyek studi dan metode filsafat

3. Bidang kajian filsafat: Ontologi, Epistomologi, dan Aksiologi

4. Aliran/Mazhab dalam filsafat

5. Cabang-cabang filsafat

6. Jalinan. Ilmu, filsafat dan agama.

II. PENGERTIAN FILSAFAT ILMU

1. Arti istilah definisi filsafat ilmu

2. Cakupan dan permasalahan filsafat ilmu

3. Berbagai pendekatan filsafat ilmu

4. Sejarah dan Perkembangan filsafat ilmu

5. Fungsi dan arah filsafat ilmu

III. SUBSTANSI FILSAFAT ILMU 1. Kenyataan atau fakta

2. Kebenaran

3. Konfirmasi

4. Logika Inferensi

5. Telaah konstruksi teori

IV. DIMENSI KAJIAN FILSAFAT ILMU

1. Dimensi Ontologis

2. Dimensi Epistomologis

3. Dimensi Aksiologis

V. PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN TEORI

1. Pengembangan teori dan alternatif metodologinya. 2. Etika dalam Pengembangan Ilmu dan Teknologi

3. Jalinan fungsional Agama, Filsafat dan Ilmu.

4. Implikasi dan Implementasi Filsafat Ilmu dalam pengembangan

Keilmuan dan Kependidikan.

D. METODE PEMBELAJARAN

  1. Ceramah, tanya jawab/dialog-kreatif, diskusi/lokakarya/seminar
  2. Penguasaan terstruktur: penulisan makalah atau laporan kajian buku.
  3. Studi kasus, studi banding dan laporan kajian serta implementasi atau pengembangan.

E. EVALUASI:

Akumulasi dan proporsi kehadiran, makalah, laporan kajian buku, diskusi/seminar, ujian tengah semester dan ujian akhir semester.

F. KEPUSTAKAAN

Achmad Sanusi (1998), Filsafat Ilmu, Teori Keilmuan dan Metode Penelitian, Bandung: Program Pasca Sarjana IKIP Bandung.

——————-(1999), Titik Balik Paradigma Ilmu : Implikasinya Bagi Pendidikan, Orasi limiah Pada Wisuda UHAMKA tanggal 31 Juli 1999, Jakarta: Majelis Pendidikan Tinggi Muhammadiyah UHAMKA.

Branner, Julia. (2002), Memadu Met ode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Samarinda: Pustaka Pelajar.

Capra, Fritjop, (1998), Titik Balik Peradaban: Sains Masyarakat dan Kebangkitan .Kebudayaan, Terjemahan M. Thoyibi, Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.

Conny R. Semiawan, dkk. (1988), Dimensi Kreatif dalam Filsafat Ilmu, Bandung: Remadja karya.

Endang Saefuddin Anshari, (1982), Ilmu, Filsafat dan Agama, Surabaya: Bina Ilmu.

Himsworth, Harold (1997), Pengetahuan Keilmuan dan Pemikiran Filosofi, (Terjemahan Achmad Bimadja, Ph.D), Bandung: ITB Bandung.

Ismaun, (2002), Filsafat Ilmu, Materi Kuliah, Bandung (Terbitan Khusus).

Jammer, Max (1999), Einsten and Religion: Physics and Theology, New Jersey: Princeton University, Press.

Kuhn, Thomas S, (2000), The Structure of Scientific Revolution: Peran Paradigma dalam Revolusi Sains, Terjemahan Tjun Surjaman, Bandung: Rosda).

Noeng Muhadjir, (1996), Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Iii, Yogyakarta. Rake Sarasin.

——————–, (1998), Filsafat Ilmu: Telaah Sistematis, Fungsional Komparatif, Yogyakarta: Rake Sarasin.

Redja Mudyahardjo, (2001), Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, Bandung: Rosda.

Sidi Gazalba, (1973), Sistematika Filsafat, Jakarta: Bulan Bintang.

Sudarto (1997), Metodologi Penelitian Filsafat, Jakarta: Raja Grafindo Persada. Tibawi, AL, (1972), Islamic Education, London: Luzak & Company Ltd.

Titus, Harold. H, (1959), Living Issues in Philosophy: An Introductory Book of Readings, New York: The Mac Millan Company.

Zuhairini dkk. (1995), Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

2 responses to “SILABUS FILSAFAT ILMU MAGISTER

  1. pa… nanti kirim-kirim artikel ya, ke blog neng ikah tea… jernihqolbu.
    haturnuhun

  2. bapa msukin materi ISBD sama Psikologi pend.atuh.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s